www.mobilmotorindonesia.blogspot.com

Fiat 500, Desain Mobil Terbaik di Dunia


New York - Fiat 500 dinobatkan sebagai desain mobil terbaik dunia, 2009

World Car Design of the Year (WCDY) di ajang New York Auto Show (NYAS) 2009, Jumat (10/4) di New York, Amerika Serikat (AS).


Fiat 500 mengalahkan nominator lainnya yaitu Citroen C5 sedan dan C5 Tourer, serta Jaguar XF.


Tahun lalu penghargaan ini jatuh pada Audi R8, tahun 2007 Audi TT, dan pada 2006 Citroen model C4.


WCDY 2009 dimulai pada tahun 2004 dan tim juri penilai adalah jurnalis otomotif dari berbagai dunia dari berbagai negara.



Tahun ini tim juri WCDY 2009 adalah Robert Cumberford (majalah Auto & Design), Akira Fujimoto (editor majalah Car Styling), Silvia Baruffaldi (managing editor majalah Auto & Design), dan Tom Matano (Direktur School of Industrial Design Academy, Art University di San Francisco, AS).


“Satu kata untuk mobil ini yaitu Icon (ikon). Mobil ini kembali membawa roh Fiat 500 generasi pertama di tahun 1958 silam dan masih memberi sentuhan klasik dengan desain yang modern,” ujar Cumberford.


Fiat 500 mengusung mesin 1.3 multijet with DPF yang mampu menghasilkan tenaga 69 bhp dan 1.4l yang mampu menghasilkan tenaga 100 bhp. Mobil ini juga ramah lingkungan karena sudah memenuhi standar emisi gas buang Euro 5.


Dari segi keamanan, mobil ini mendapat bintang lima EuroNCAP yang memberikan tingkat perlindungan sempurna saat terjadi benturan,

bahkan kabarnya bisa mendapatkan bintang enam jika EuroNcap merubah standar regulasi bahwa bintang enam menjadi tingkat standar keamanan tertinggi. [O1]


Tidak ada komentar:

Posting Komentar